Laman

Jumat, 31 Agustus 2012

Surat Perjanjian Kontrak rumah


Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita menemui suatu aktivitas transaksi yang membutuhkan dokumen tanda perjanjian antara dua pihak atau lebih yang saling mengikat yang nantinya bisa dipergunakan sebagai dokumen yang memiliki kekuatan hukum apabila terjadi perselisihan di masa depan. Berikut ini adalah contoh surat perjanjian sewa atau kontrak rumah. buat referensi aja.....

Contoh Surat PERJANJIAN KONTRAK RUMAH

Kami yang bertanda tangan dibawah ini :
1. Nama           : Sunyoto
Agama             : Islam
Alamat              : Jalan Garuda Atas No76A Manukan Sleman Yogyakarta
Pekerjaan         : Pegawai Swasta
Selanjutnya disebut sebagai pihak pertama / pemilik

2. Nama           : Marto
Agama              : Islam
Alamat              : RT01 RW 01 Sambong Pacitan
Selanjutnya disebut sebagai pihak kedua penyewa rumah
Pasal. 1
Pihak pertama mengontrakan sebuah Rumah kepada pihak kedua pada Alamat Perumahan Puri Permata di Pacitan. Terhitung mulai tanggal 21 April 2011 sampai dengan 21 April 2013. Pihak kedua telah membayar lunas kepada pihak pertama sebesar : Rp. 5.500.000. ( Lima Juta Lima Ratus Ribu Rupiah ) untuk masa kontrak 2 ( Dua Tahun).

Pasal. 2
Pihak kedua berkewajiban untuk memelihara bangunan sebaik-baiknya, segala kerusakan yang timbul selama perjanjian ini, menjadi kewajiban pihak kedua untuk perbaikannya, menggantinya dengan biaya sepenuhnya tanggung jawab pihak kedua.

Pasal. 3
Selama masa kontrak berlaku, segala kewajiban yang harus dipenuhi terhadap rumah tersebut diatas, merupakan kewajiban pihak kedua, baik kewajiban membayar listrik, keamanan, kebersihan serta sejenis.
Pasal. 4
Apabila kewajiban diatas yang dimaksud dalam pasal. 3 dilalaikan oleh pihak kedua, berakibat adanya sangsi atas fasilitas yang ada, maka pihak kedua harus menyeleseikan sampai pulihseperti keadaan sebelum dikontrakan paling lambat 30 hari sebelum kontrak berakhir.

Pasal. 5
Khusus untuk pembayaran listrik, pihak kedua akan tetap membayar rekening listrik satu bulan terakhir dan rekening listrik akan diserahkan kepada pihak pertama setelah lunas dibayar sebagai arsip.


Pasal. 6
Pihak kedua tidak diperkenankan untuk mengadakan perubahan atau tambahan pada bangunan tersebut atau memindah sewakan kepada pihak lain, kecuali pada izin tertulis dari pihak pertama.

Pasal. 7
Jika masa kontrak berakhir, pihak kedua berkewajiban untuk menyerahkan rumah beserta pekarangannya tersebut tanpa syarat-syarat apapun kepada pihak pertama dalam keadaan baik, terpelihara dan kosong dari seluruh penghuninya.

Pasal. 8
Untuk perpanjangan kontrak, pihak kedua harus memberi tahukan kepada pihak pertama satu bulan sebelum masa berlakunya habis dan akan dibuatkan perjanjian baru sebagai pengganti perjanjian ini.

Pasal. 9
Untuk pemutusan kontrak sebelum masa kontrak berakhir memberi tahukan satu bulan sebelumnya kontrakan berakhir.


Pasal. 10
Dalam pemutusan kontrak sebelum habis masa berlakunya dalam Pasal. 1 (Satu) maka pihak pertama tidak mengembalikan sisa uang kontrakan, dan pihak kedua tidak menuntut pihak pertama.

Pasal. 11
Demikianlah perjanjian kontrak rumah ini kami buat dengan sebenarnya tanpa paksaan dari siapapun.

Pacitan, 21 April 2011


Pihak Kedua                                                                                                                Pihak Kesatu




(Marto)                                                                                                                         ( Sunyoto )


                                                                               Saksi-saksi
   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar